T-005 Cross Motor Custom AK-47 Karya Anak Bangsa yang Masuk Museum Amerika Serikat.


Satu lagi hasil karya anak bangsa Indonesia di bidang otomotif roda dua yang kembali diakui oleh dunia international. Kali ini melalui sebuah motor T-005 Cross dengan custom ala senapan AK-47, hasil karya rumah modifikasi bernama Thrive Motorcycle yang berada di daerah Jakarta.

Sebuah motor yang dibangun diatas sasis Yamaha Scorpio tahun 2008 yang oleh sang modifikator diberi nama T-005 Cross ini berhasil memikat hati publik Amerika dan dinilai layak untuk masuk museum. Motor T-005 Cross ini sendiri nantinya akan berada di museum The Petersen Automotive Museum, yang berada di Los Angeles, California, Amerika Serikat selama 1 tahun untuk mengikuti ajang Custom Revolution yang akan berlangsung mulai tanggal 14 April 2018 hingga 14 April 2019.


Motor T-005 Cross merupakan salah satu dari 23 motor custom dari seluruh dunia yang nantinya akan mengikuti ajang Custom Revolution ini. Selain motor T-005 Cross ini, nantinya juga akan ada 15 motor dari Amerika Serikat sendiri yang akan turut serta mengisi acara Custom Revolution ini. Dan sisanya adalah motor-motor yang dikirim dari negara Prancis, Spanyol, Jerman, Irlandia, Jepang dan Vietnam.


Sang modifikator dibalik motor T-005 Cross yang apabila kita lihat baik-baik dari samping sangat mirip dengan senapan AK-47 ini adalah Indra Pratama dan Barata Dwiputra. Proses pengerjaan dilakukan mereka berdua dari bulan Oktober 2014 dan baru selesai di bulan Maret 2015.


Perubahan mendasar dilakukan pada bagian sasis untuk menunjukan aura sporty dan kesan yang horisontal. Untuk Panel Body dibuat lebih minimalis namun tetap dengan gaya ala motor trail.

Untuk performanya sendiri, motor T-005 Cross menggunakan Karburator PE 28 supaya asupan udara lebih banyak. Pada suspensi depan mengusung up-side down milik Honda, sedangkan untuk suspensi belakangnya menggunakan mono shock dari Showa yang menempel pada swing-arm milik Yamaha.


Untuk memunculkan kesan motor trail, pada bagian kaki-kakinya dipasang velg berukuran 18" inch, dan untuk knalpot pun dibuat sendiri dengan bentuk yang mengikuti alur lekukan body motor ini.

Demikian informasi yang bisa Admin sampaikan kepada kalian semuanya pada kesempatan kali ini. Menurut pendapat kalian semuanya, bagaimana tanggapan kalian melihat motor karya anak bangsa yang mendunia ini. Berikan pendapat kalian semua dengan berkomentar pada kolom komentar dibagian bawah artikel ini ya pecinta dunia otomotif roda dua semuanya.