Buat yang Ingin Beli Knalpot Akrapovic, Begini Cara Mengetahui Mana yang Asli dan Palsu

Seiring berjalannya waktu, minat masyarakat akan sepeda motor bukan semata untuk alat transportasi saja namun juga sebagai alat untuk menunjang gaya hidup. Dan seiring dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap sepeda motor, ikut pula menaikan permintaan masyarakat akan produk-produk after-sales.

Salah satu produk after-sales yang selalu dicari oleh masyarakat adalah Knalpot. Pergerakan konsumen di pasar otomotif roda dua Indonesia pun saat ini tengah mengalami kenaikan, dari yang awalnya memilih produk entry level kini mulai beralih ke produk-produk premium.

Hal ini bisa kita lihat dari tingginya minat masyarakat akan produk-produk motor matic premium, maupun motor sport premium di kelas 150cc hingga 250cc keatas. Hal semacam inilah yang sepertinya dimanfaatkan oleh PT. Sphinx Motorsport selaku distributor resmi knalpot premium Akrapovic di Indonesia.


Menurut Budiman Terianto, pemilik dari PT. Sphinx Motorsport mengatakan jika pertumbuhan produk after market premium semakin meningkat. Hal ini dipicu karena adanya banyak pengguna motor yang kini beralih ke motor-motor premium.

"Banyak pengguna motor entry level yang saat ini beralih ke motor-motor premium, dan mereka lebih suka menggunakan knalpot premium untuk mempercantik motor premium mereka," jelas Budiman seperti yang dikutip dari kompas.com (22/04/2018) ketika dijumpai di area IIMS 2018.


Dengan nama besar yang dimiliki oleh Akrapovic dan tingginya minat konsumen akan produk after market knalpot premium, membuat beberapa oknum dengan sengaja membuat knalpot Akrapovic palsu untuk meraup keuntungan sendiri. Untuk itu, para konsumen harus lebih teliti dan mengetahui ciri-ciri dari knalpot Akrapovic yang asli agar tidak tertipu ketika membelinya.

Berdasarkan pengakuan dari Budiman, keaslian dari knalpot Akrapovic bisa UCers semuanya lihat pada serial number-nya. Kode dari serial number ini sendiri terdapat pada box dan knalpot, bisa di cocokan kesamaan kode serial number pada box dan knalpot apakah sudah sama.


"Di setiap produk Akrapovic ada serial number. Di box-nya ada dan di knalpotnya sendiri juga ada. Di bagian knalpot, serial number ada di bagian flange dan itu kelihatan," jelas Budiman sebagaimana dikutip dari merdeka.com (23/04/2018).

Keaslian serial number ini sendiri juga bisa dicek ke Akrapovic pusat. Jika serial number itu asli makan akan keluar datanya produk itu dijual kemana dan dikirim kemana.

Itulah caranya mengetahui asli atau tidaknya knalpot Akrapovic, jadi jangan sampai UCers semuanya tertipu ya jika ingin membeli knalpot ini. Jangan lupa untuk menekan tombol ikuti dibagian atas artikel ini ya teman-teman.